Ketua KTNA Banyuasin Sarankan Petani Gunakan Pupuk Organik

Banyuasin ,Rj online news.com – Ditengah – tengah mahalnya harga pupuk kimia saat ini, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Banyuasin Sukardi mengatakan agar petani di Banyuasin mulai memanfaatkan pupuk organik untuk pertanian.

Hal ini diungkapkannya pada Pelantikan Pengurus Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Banyuasin Masa Bhakti 2021-2026 di Graha Sedulang Setudung, Selasa (14/12/2021).

“Ada keluhan bahwa pupuk kimia selalu kurang, meksi kebutuhan ini ada dan bisa dibeli, tapi harga luar biasa. Saya sarankan pengurus KTNA, bisa Kembali menggunakan pupuk organik,”ujarnya.

Menurut Sukardi, pupuk organik harganya bisa lebih terjangkau untuk Petani. Selain itu, KTNA Banyuasin juga akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin dalam mewujudkan Banyuasin bangkit adil dan sejahtera.

“Alhamdulillah kita sudah Paripurna, mulai dari 2022 sampai 2026, KTNA harus melakukan aksi dilapangan, agar bisa membuktikan manfaat bagi petani, peternak dan nelayan,”katanya.

Sementara Bupati Banyuasin Askolani mengatakan sangat setuju dengan penggunaan pupuk organik disaat harga pupuk kimia mahal. Pemda dan Pemrpov mungkin kesulitan mencukupi subsidi pupuk, oleh sebab itu jalan yg strategis, kembali ke pupuk organik.

“Saya sudah coba dan tidak kalah pertumbuhan padi dengan Pupuk kimia, kalau nanti hasilnya bagus, ini jadi contoh dan kita kembali ke Pupuk organik,”katanya.

Askolani juga berterima kasih kepada semua pihak, termasuklah KTNA yang telah mendukung Banyuasin hingga masuk penghasil beras nomor 4 secara nasional.

Askolani yakin Banyuasin bakal No 1 penghasil padi, karena didukung faktor lahan yang mungkin terluas dan hasil produksi meningkat dari 4,5 ton jadi 4,9 Ton per hektar.

“KTNA pernga memberikan pin emas kepada saya, ini suatu kehormatan dan semangat kami menggiatkan pertanian dan nelayan Banyuasin. Saya optimis suatu saat nanti Banyuasin masuk peringkat nomor 1 nasional,”tandasnya.
Laporan:(Toto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *