Diduga Pokir Tidak Tepat Sasaran, GLOBB Geruduk Kantor Bupati Banyuasin

BANYUASIN RJ online news.com – Gabungan LSM dan Ormas Banyuasin Bersatu (GLOBB) menggeruduk Kantor Bupati Banyuasin, Kamis (01/09/2022). Hal ini, Guna menuntut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melakukan evaluasi terhadap realisasi dana Pokir (Pokok Pikiran Rakyat).

Kedatangan GOBB ini dikoordinir oleh Toto Priyandi, Koordinator Aksi Suhaimi dan Darmadi. Terlihat juga Ketua Masyarakat Untuk Institusi (Amunisi) Efriadi Edendi dan Ketua LSM Nusantara Express Ismail, Ketua LSM Markus Tamrin dan lainnya.

Ketua LSM Nusantara Express Ismail mengatakan dana Pokir juni seharusnya digunakan untuk kepentingan rakyat dan dalam realisasinya harus benar-benar tepat sasaran bukan untuk kepentingan pribadi. Namun, kenyataannya dilapangan, diduga ada penyimpanngan terhadap realisasi anggaran tersebut.

“Dari hasil investigasi kami dilapangan bahwasannya dana Pokir tersebut tidak tepat sasaran, terbukti dengan beberapa Oknum anggota DPRD kabupaten Banyuasin yang memiliki yayasan pribadi mengalokasikan dana POKIR tersebut untuk Kepentingan yayasan milik pribadi mereka,”jelasnya.

Menurut Ismail, Banyuasin sedang mengalami defisit anggaran sebesar Rp 193 Milyar, jadi jangan ditambah lagi dengan permasalahan lain yang membebani APBD Banyuasinm. “Saya meminta kepada Bupati Banyuasin dan Wakil Bupati Banyuasin untuk Mengevaluasi Dana Pokok Pikiran Rakyat (Pokir) ini,”tegasnya.

Senada, Koordinator Aksi GLOBB, Suhaimi meminta Pemkab Banyuasin agar mengusut tuntas dugaan oknum anggota DPRD kabupatem Banyuasin yang meraup keuntungan yang besar dari Proyek-proyek yang bersumber dari dana POKIR tersebut.

“Dikerjakan secara mandiri dengan modus operandi menggunakan perusahaan sendiri baik berbentuk CV maupun Perseroan Terbatas (PT), bahkan ada yang berani bertransaksi antar para wakil rakyat di Bumi sedulang setudung tersebut. Usut tuntas masalah ini, kalau tidak kami akan bawa ke ranah hukum,”tegasnya.

Sementara Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Banyuasin Hazmi mewakili Bupati Banyuasin Askolani menerima dengan baik masa GLOBB tersebut.

“Kedatangan teman-teman ini tentunya dalam rangka kontrol sosial, ini akan saya sampaikan kepada bapak Bupati agar teman-teman bisa bertemu beliau dan bisa melakukan dialog langsung nantinya,”tandasnya.
Laporan:(Tim redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post LAKRI Sumsel Siap Kawal Dugaan Korupsi Dana Desa Paldas, Baik Ditingkat Provinsi Dan Pusat.
Next post “H.BUDI WAHYU SIAP MAJU PADA MUSDA KAHMI BANYUASIN””