PKK SENDA MUKTI KEC. PULAU RIMAU HADIRKAN KREASI ES CINCAU LUMUT HIJAU

BANYUASIN Rj online news.com – Berbicara tentang minuman khas daerah, tentunya ada banyak sekali ragam minuman yang bisa kita nikmati dibumi kita tercinta Indonesia ini. Minuman tersebut hadir dengan berbagai rasa, rupa dan cerita.

Bahkan minuman-minuman tersebut terkadang mempunyai makna tersendiri karena bersanding dengan kebiasaan dimasyarakat. Minuman tersebut terkadang melambangkan sebuah kedekatan emosional, ciri khas suatu daerah ataupun

Seperti di Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya di Desa Senda Mukti Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin. Ada minuman bernama es Cincau Lumut Hijau. Minuman ini, merupakan hasil kreasi dari para ibu – ibu yang ada disana.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Senda Mukti, Siti Neni Asih menuturkan bahwa di Desa Senda Mukti memang cukup banyak tumbuh berbagai macam tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi bahan makanan.

Salah satunya adalah tanaman cincau ini. Memanfaatkan kekayaan alam desa yang mungkin bisa dijadikan olahan makanan atau minuman dikala waktu santai, maka terciptalah minuman yang sederhana tapi nikmat ini.

Neni Asih menuturkan membuat cincau ini cukup mudah. Pertama adalah mengumpulkan daun cincau dan membersihkannya, kemudian meremas-remas dengan air sedikit demi sedikit kemudian saring dan masukkan dalam wadah.

Ketika cincau hijau sudah menjadi beku dan siap digunakan, maka untuk tahap penyajiannya bisa menyesuaikan dengan kreatifivitas masing-masing. Cincau yang sudah beku bisa dipotong kotak – Kotak kecil atau di potong memanjang.

Kebetulan untuk sajian di Desa Senda Mukti ini, cincau yang dipotong dalam bentuk menyerupai gumpalan – gumpalan lumut. Dicampur dengan santan dan gula merah yang sudah dimasak, jadilah minuman cincau yang unik dan bikin nagih.

“Minuman ini merupakan hasil kreasi dari kita ibu PKK di Desa. Selain kita minum bersama keluarga dirumah, minuman ini juga sering kita jadikan jamuan dalam berbagai event desa, salah satunya acara lomba PKK tingkat Kabupaten Banyuasin,”ujarnya.

Kepala Desa Senda Mukti Andi Purnomo menambahkan minuman ini merupakan salah satu minuman andalan di desanya. Karena tanaman cincau memang cukup banyak tumbuh, ada yang daun ya kecil dan ada juga yang panjang.

“Minuman cincau yang kita olah sendiri ini lebih aman dan tanpa bahan pengawet. Cincau hijau ini juga mempunyai banyak manfaat antara lain mampu mengatasi sembelit, panas dalam, demam, diare, melancarkan pencernaan,”terangnya.

Sementara Plt Dinas Ketahanan Pangan Yuni Khairani yang berkesempatan diketahui pernah mencicipi minuman ini mengakui bahwa sangat Minuman Cincau Lumut tersebut memang enak. “Ini beda, lebih alami dan rasanya enak,”katanya.
Laporan:(Toto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *