Pemerintah Desa Rukun Makmur Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin Terus Lakukan Inovasi

 

Banyuasin,Rj online news.com – 100% Warga Desa Rukun Makmur Nikmati Ari Bersih, Ternyata Ini Yang Dilakukan Kadesnya

Pemerintah Desa Rukun Makmur Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin terus melakukan inovasi pembangunan untuk kemajuan desa. Salah satunya yang sudah nyata terlihat yaitu tersedianya air minum dan bersih untuk warga.

Kepala Desa Rukun Makmur Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin, Subandi mengatakan air di desanya selama ini memiliki rasa asin dan kesat, sehingga warga cukup kesulitan mendapatkan air bersih.

“Pada tahun 2009, pertama kali saya menjabat, warga mencari air bersih dengan menampung air hujan. Sehingga saya membelikan tempat penampungan air, waktu itu jumlah masih ada sekitar 360 KK,” ujarnya.

Pada tahun 2020,Sambung Subandi, ada program dari Pemerintah Pusat yang melibatkan masyarakat yaitu Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Sumber dana program tersebut berasal dari DAK Pemerintah Pusat sebanyak 200 rumah.

“Di Desa Rukun Makmur ini ada sekitar 450 KK, Karena belum semua warga mendapatkan bantuan dari pemerintah, Jadi kita lengkapi atau bantu warga dengan Subsidi melalui Dana Desa, sehingga tahun 2022 masyarakat 100 % sudah menerima air bersih,”jelasnya.

Menurut Subandi, di desa lain karena belum ada program Pamsimas, pemasangan ke rumah warga bisa habis Rp 700 ribu mulai dari pemasangan instalasi, Pipa dan sebagainya. Tetapi di Rukun Makmur semua gratis.

“Alhamdulillah gratis, masyarakat hanya perlu membayar biaya perbulan saja tergantung seberapa banyak air yang mereka gunakan. Ada pengurus dari Pamsimnas yang datang untuk menarik pembayaran,”tandasnya.

Laporan:(Toto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *