BPBD Banyuasin Menggelar Simulasi Penyelamatan Korban Tenggelam di Kolam Retensi Pemkab Banyuasin 

BANYUASIN, Rj online news.com,- BPBD Kabupaten Banyuasin menggelar simulasi penyelamatan korban tenggelam, bekerjasama dengan pihak Basarnas Palembang, Kegiatan digelar di Kolam rentensi Pemkab Banyuasin, peserta berjumlah 35 orang dari seluruh bidang, diantaranya Bidang Pencegahan, Bidang Kedaruratan, dan rehabilitasi. diharapkan dari kegiatan ini petugas BPBD Kabupaten Banyuasin lebih pandai dalam mengevakuasi korban baik bencana alam, maupun korban tenggelam.

“Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, dari 2-3 Februari, dilaksanakan di Kolam rentensi Pemkab Banyuasin dengan mendatangkan instruktur dari Basarnas Palembang,”Ucap. Kepala BPBD Kabupaten Banyuasin, Ir. Alpian. MM, melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Gatot setioko, SH. saat dibincangi, Kamis. 3/2/22.

Ditambahkannya, Pelatihan simulasi penyelamatan korban tenggelam ini dilaksanakan pertama kali dilaksanakan dimasa Kepala BPBD Kabupaten Banyuasin. Ir. Alpian. MM.

“Kegiatan kita ini perdana dilaksanakan, dan di buka langsung oleh Kalaksa BPBD, Ir. Alpian. MM, Kegiatan ini kita lakukan karena dipandang penting, sebab Kabupaten Banyuasin akhir-akhir ini sering terjadi Musibah, baik banjir maupun warga terseret arus, sehingga pelatihan ini sangat penting dilakukan, “Ujarnya.

Masih dikatakan, Gatot setioko. selain pelatihan penyelamatan korban tenggelam di kolam retensi, BPBD Kabupaten Banyuasin juga melaksanakan pelatihan pemadaman api serta dapur umum dan hunian sementara.

“Pagi tadi anak-anak dilatih fisik oleh TNI, Cara memadamkan api dari Manggala Agni, sore nanti akan dilakukan pelatihan dapur umum dan hunian sementara bagi korban bencana alam, kita berharap setelah pelatihan ini anak-anak lebih tanggap dalam menjalankan tugas, dan Kabupaten Banyuasin tidak terjadi bencana yang kita semua tidak menginginkannya,”Tegasnya.

Sementara itu, Instruktur SAR Palembang Secho mengatakan untuk materi pertama materi Penanganan gawat darurat, atau medis dasar, water rescue atau pertolongan di air,

“Water rescue pertolongan diatas permukaan air, dengan media perahu karet, pelampung serta speed boat, dan alat medis,”katanya.

Pesannya, dengan adanya pealtihan ini tim TRC BPBD Kabupaten Banyuasin lebih tanggap dan mempunyai kemampuan dasar dalam bidang penncarian dan pertolongan korban khusunya di atas permukaan air.

“Karena wilayah mereka ini cukup luas bagi rekan-rekan di Kabupaten Banyuasin ini, ”
Laporan:(Toto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *