Dr. Fitri Ajak Tingkatkan Citra Pangan Lokal Dengan Teknologi Pangan

 

Banyuasin Rj online news.com – Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani membuka rapat koordinasi program kelompok kerja III TP PKK Kabupaten Banyuasin Tahun 2022 digelar di OPI Hotel, Selasa (8/03/2022).

Rapat koordinasi ini diperlukan memantapkan rencana kerja kedepan dan apa saja yang akan menjadi prioritas kedepan dari 10 (sepuluh) program PKK Kabupaten Banyuasin.

dr. Fitri menyambut baik dengan adanya pemantapan rapat koordinasi dengan berinovasi dalam mengembangkan pangan pokok lokal yang menjadi panganan alternatif selain beras.

Dokter cantik ini mengungkapkan keinginan beliau memasyarakatkan gemar mengkonsumsi ikan dalam mendukung masa emas pertumbuhan pada 1000 hari pertama kelahiran.
Meningkatkan Ekonomi keluarga dan Masyarakat dengan mengoptimalkan lahan pekarangan serta potensi lokal yang ada.

Selain itu juga mengembalikan serta melestarikan kekayaan sumberdaya alam terutama panganan dan masakan ciri khas daerah masing-masing. Pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kreatif bagi UMKM ataupun usaha rumahan melalui Kelompok Wanita Tani (KWT).

“Meningkatkan citra pangan lokal melalui pemanfaatan teknologi pangan dalam bentuk berbasis tepung-tepungan, merubah bentuk dan kualitas olahan, kemasan, penambahan nilai gizi untuk peningkatan kesehatan,” jelasnya.

Terakhir beliau menegaskan kembali fungsi dan tugas Ketua TP.PKK Kecamatan dan Ketua Pokja agar saling bersinergi dalam melaksanakan tugasnya, sehingga tidak semua tugas dipikul sendiri oleh ketua namun adanya pendelegasian tugas yang jelas. Berdasarkan Petunjuk Teknis Tata Kelola Kelembagaan PKK, tugas Ketua TP PKK Kecamatan :
a) Melakukan fungsi pimpinan dan pengendalian seluruh aktivitas pembinaan Gerakan PKK di Kecamatan;
b) Memberikan petunjuk dan melakukan koordinasi internal dan eksternal TP PKK.
c) Memberikan arahan kebijakan umum yang menjadi program atau agenda kerja Gerakan PKK secara keseluruhan;
d) Mengkoordinasikan kebijakan program/ kegiatan dalam rangka pembinaan dan pengembangan berbagai upaya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga; dan
e) Melakukan fungsi kewenangan dalam memutuskan dan menetapkan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan upaya Gerakan PKK.

 

Ketua Pokja III TP PKK Provinsi, Dra. Shinta Irasnawati sebagai salah satu narasumber membahas langsung pengembangan pangan lokal dan apa saja pangan lokal yang dapat dikembangkan yang ada di Kabupaten atau Kecamatan masing-masing.

“Cari tahu pangan lokal yang telah ada untuk dikembangkan dari cita rasa. Gali terus agar mendapatkan olahan baru yang bisa menjadi pangan lokal yang bisa dijadikan pilihan baru bagi masyarakat,” dukungnya.

Dihadiri seluruh pengurus PKK Kabupaten dan Kecamatan.

Laporan:(Toto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *